12.16.2008

Sersan di Moderator's Workshop
Meliyanti Setyorini - Surat Dari Buncit



Jakarta - Meeting alias rapat identik dengan serius. Namun di Moderator's Workshop, meeting pun berlangsung serius tapi santai (sersan).

Bertempat di Hotel Citra Cikopo, Cisarua, Puncak, 13-14 Desember 2008, detik.com mengumpulkan para moderator dan perwakilan dari berbagai situs komunitas detik.com yakni detikForum, detikINET forum, Forum Bandung, Forum Surabaya, Tanya Saja dan Blog Detik untuk menghadiri kegiatan bertajuk Moderator's Workshop. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang bertemu dan bonding antar moderator dan detik.com dan dihadiri oleh peserta dari Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Rombongan moderator berangkat dari Jakarta dan sampai di Puncak selepas makan siang. Sesampainya di penginapan agenda pertama sudah menanti, yakni diskusi perkembangan situs komunitas dengan admin masing-masing. Diskusi di detikForum, misalnya, walaupun berjalan santai namun membahas beberapa isu penting seperti kinerja moderator dan berbagai program untuk meningkatkan activity member.

Selepas diskusi terbatas, barulah diskusi dilakukan di ruang meeting sungguhan dengan agenda diskusi antara moderator dengan perwakilan tim IT detik yang selama ini bekerja di belakang layar. Karena cukup banyak isu teknis yang terjadi di situs komunitas, berbagai pertanyaan pun terlontar seperti "Kenapa blogdetik saya tidak bisa meng-upload avatar?" atau "Kenapa detikForum sering maintenance tak tentu?".

Selepas break makan malam, diskusi kembali dilanjutkan. Kali ini bersama Pemimpin Redaksi detikcom Budiono Darsono, yang menjelaskan positioning komunitas detik, dan presentasi dan tanya jawab detikcommunity dengan Vice President Publisher detikcom, Donny BU. Sekali lagi diskusi berlangsung sersan dan cukup akrab.

"Dapat banyak pencerahan nih, mengenai forum dan community detik," sebut Kiki, salah satu moderator detikForum. "Kita sebagai moderator dari suatu komunitas merasa dihargai sekali dalam acara ini. Masukan-masukan yang kita sampaikan juga dipertimbangkan secara serius oleh detik," ungkap Bagus, perwakilan dari Tanya Saja.

Setelah meeting yang padat di hari Sabtu, keesokan harinya dipergunakan para moderator dan perwakilan situs komunitas detik untuk bersantai. Ada yang bermain ping-pong, billiard, ada juga yang memilih untuk massage alias pijat.

Sebelum kembali ke Jakarta, para moderator pun diajak mampir ke Cimory. Kesempatan ini tidak disia-siakan untuk memborong oleh-oleh seperti susu, yoghurt, dan berbagai jenis kue. Moderator pun tidak pulang dengan tangan hampa karena memboyong merchandise seperti tas traveling detikForum, t-shirt detikForum dan detikINET serta polo shirt khusus moderator.

"Kumpul-kumpul sesama detik community ternyata seru abis. Selain bisa diajak bertukar pikiran, mereka asyik diajak bercanda juga," demikian Bagus.

Keterangan foto:


1. Para peserta menyimak presentasi oleh Donny BU
2. Moderator perempuan detikcommunity
3. Santai dengan bermain billiard
4. Pose bersama seluruh peserta(mel/asy)

sumber

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mana poto u pen??hehe

zniper mengatakan...

tuh yang rame2 paling bawah keempat dari kanan

Posting Komentar